Pages

Search This Blog

Tuesday, September 2, 2014

No More Cakar Setan

Ternyata belum ilang ketakutan saya sama yang namanya cakar ayam. Kemarin2 saya udah enjoy aja makan cakar. Walopun dulu sempet ga doyan. Geli aja gitu liat bentuknya yang horor. Tapi lama kelamaan saya berani juga makan cakar. Waktu Mbak Dewi masak sop, saya ga sungkan ambil cakarnya. Waktu masak soto, saya juga ambil cakarnya. Waktu jajan mie ayam cakar juga saya dengan sigap melumat habis cakar-cakar itu. Tapi hari ini entah kenapa kumat lagi takutnya. Ngeri, jijik, merinding liat bentuknya. God, saya pikir saya udah ga takut. Hmpf..

Saya pernah ngeliat acara kuliner di tv. Disitu sang host lahap banget menyantap masakan dengan kuah merah yang pedas. Masakan tersebut dikasi nama Cakar Setan. Woohooo red as blood and looks yummy. Slurupable lah pokonya. Karena di Semarang kayanya ga ada yang jual itu, maka saya bermaksud bikin sendiri. Mulailah saya belanja bahan-bahannya di pasar deket rumah.

"Beli cakarnya ya, Bu," kata saya di depan meja penjual jeroan, cakar, kepala ayam, dan bagian lain yang (mungkin) harusnya dibuang.
"Berapa mbak?" Saya bingung, ga tau berapa biasa orang beli cakar ayam.
"Lima ribu, Bu. Dapet seberapa ya?"
"Wuah banyak buanget mbak. Setengah kilo." Buset dah.
"Yaudah seperempat aja. Berapa?"
"Tiga ribu."

Dengan tiga ribu perak aja saya udah bisa membawa pulang seplastik cakar ayam. Pantesan Mbak Dewi suka bikin kaldu pake cakar. Tapi kalo ngomongin kandungan protein, pastilah jauh di bawah dada sama paha. Hehe, ga usah ditanya.

Sampai di rumah, saya buka plastik lalu menghamburkan cakar-cakar itu ke dalam baskom. Dengan santai saya putar kran wastafel dan meremas cakar dengan maksud mencucinya. Kuku-kuku panjang yang cukup tajam sekarang beneran mencakar-cakar telapak tangan saya. Saya pun kaget, seketika berhenti mematung sambil memperhatikan bentuk-bentuk tangan yang kaku itu. Hiiiiiiy. Saya bergidik lalu bergegas membersihkan tangan.

Mungkin butuh waktu setengah jam saya memotong kuku cakar satu persatu. Ya, akhirnya saya putuskan tetep memasak. Memberanikan diri dengan seluruh daya dan upaya. Merdeka! Haha. Saya ambil pelan satu-satu dengan jempol dan telunjuk, baru saya potong kukunya. Beuh, apa iya orang lain memasak dengan cara yang freak begini? Bayangan menyantap cakar setan dengan kuah merah membara tiba2 purna sudah. Saya pasrah, apa nanti masih berani makan itu cakar-cakar? Yang jelas saya bersumpah, ini kali terakhir saya berurusan sama cakar ayam di dapur. No more cakar setan!

No comments:

Post a Comment

< >