Pages

Search This Blog

Wednesday, September 10, 2014

Baru nyadar kalo almh.Eyang itu...

Istri bijak! Iya. Kalo boleh pinjem istilahnya Feni Rose di iklan Surf, saya sebut eyang itu istri bijak. Memang, terkadang kita baru menyadari kebaikan seseorang setelah mereka meninggal. Dan ini yang sedang saya rasain..

Bisa dibilang saya orang yang cukup cuek. Saking cueknya saya sempet dapet predikat "tercuek" di buku katalog SMA. Nah, karena sifat cuek itu, seringkali saya kurang merhatiin banyak hal di sekeliling saya. Seenggaknya itu dulu. Sekarang sedikit demi sedikit saya mulai mengurangi kadar kecuekan saya. Hal-hal yang saya lalaikan dulu, salah satunya kelebihan eyang yang baru saya sadari sekarang. Damn, how foolish I am. Saya memang bego.

Eyang itu....

1. Masakannya enak

Berkali-kali saya bikin sayur gori tapi ga pernah bisa seenak yang eyang bikin dulu. Saya pikir, memasak itu gampang. Tinggal liat resep, contek, jadi. Ternyata ga juga. Memasak butuh semacam intuisi. Kadang resep yang sama belum tentu menghasilkan rasa yang sama kalo tangannya beda. Itu bisa jadi jawaban dari misteri yang belum terpecahkan selama ini, kenapa indomie di warung kopi lebih enak dari yang kita bikin di rumah? Haha. Jadi kemana-mana deh topiknya.

Saya juga sering makan sayur gori di warteg. Dan belum ada satu warteg pun yang rasanya sama kaya sayur gorinya eyang. Kenapa harus sayur gori? Karena itu sayur favorit di rumah, khususnya papa, paling suka sayur gori. Saya baru nyadar kalo sayur gori buatan eyang itu ajib banget. Mungkin saya terbiasa makan masakan eyang yang enak sampai ga sadar kalo itu enak. Maklum, bocah.

2. Kalo beli barang yang berkualitas

Belakangan ini saya beli kompor baru dan mulai ngelakuin hobi baru : memasak! Dan itu ngebuat saya harus melengkapi perkakas dapur. Karena sejak pindah rumah, kebanyakan udah dihibahin ke orang lain yang lebih ngebutuhin. Jadi kemaren saya ga pernah masak, tapi beli makanan mulu kaya anak kos. Maka mulailah saya dan papa belanja seperlunya buat perlengkapan dapur.

Kesalahan saya adalah, beli cobek yang ukurannya kebesaran, juga ulekannya ga bagus bahannya. Bahan yang bagus itu dari batu alam asli Gunung Merapi di Muntilan. Sedangkan saya beli di Pasar Johar dengan bahan semen yang kalo dipake bisa luntur. Konon kalo bahannya jelek, apalagi semen, bisa bikin keracunan. Sekarang saya pengen beli lagi ulekan sama cobek yang bagus tapi masih kesulitan carinya di Semarang. Btw, kayanya konvensional banget gitu ya hari gini masih pake cobek sama ulekan. Blender dong hahaha. Tapi buat saya dapur itu WAJIB ada ulekan.

Lagi-lagi, saya baru nyadar kalo cobek punya eyang yang saya kasih ke orang itu asli dari Muntilan, yang bahannya dari batu alam Gunung Merapi. Mana dua lagi. Nyesel, kenapa dulu dikasi ke orang dah *toyor kepala sendiri*. Selain itu, ada celana dalem warna item waktu SMP dibeliin eyang huahaha. Kalo saya bandingin sama celana-celana saya sekarang, bahannya jauh. Bagusan yang dibeliin eyang dulu. Lebih adem dengan kantung kecil di kanan kiri. Celana dalem dikasi kantung itu buat nyimpen apaan ya? *mikir keras*

Aduh, banyak deh barang-barang lain yang ternyata pilihan eyang itu numero uno. Ada tikar, tempat bumbu, kebaya, kain batik, selimut, alat-alat makan, dll. Parahnya saya baru sadar saat sekarang mulai 'ngurus rumah'.

3. Kalo ngerokin ga sakit

Dulu saya sering kesel kalo dikerokin eyang. Ya, karena dipaksa. Selain itu juga ngerokinnya pasti sambil ngomel. Makanya kalo mandi jangan kelamaan lah, jangan kemaleman lah, kalo udah maghrib pulang lah, dibilangin susah lah, and the blah blah blah. Eyang itu khawatiran banget sama saya. Kalo saya keliatan lesu dikit pasti dikirain sakit, terus dikerokin. Biarpun saya udah mengelak bilang ga sakit, pokoknya eyang kekeuh mau ngerokin. Hadeh.

Setelah eyang pikun, ga ada lagi yang ngerokin. Karena kangen banget dikerok, akhirnya saya manggil tukang urut. Kagetnya saya, itu orang ngeroknya sadis banget kaya orang ngamuk. Udah ganti yang lain, sama aja sakitnya. Saat itu saya sadar, kerokannya eyang itu pelan dan ga menyakitkan, tapi merah. Dulu saya pernah diajarin sama eyang kalo ngerok itu koinnya miring biar ga sakit :')

4. Rajin membaca Al Qur'an

Kemaren chit chat sama Mas Basrah di BBM. Saya lupa ngobrolin apa awalnya, pokonya tiba-tiba ngebahas soal ngaji aja gitu. Jadinya dia ngirimin suara dia lagi baca ayat Al Quran. Wow sih ya, soalnya baru kali ini dikirimin suara ngaji sama cowo. Biasanya kalo cowo sih mintanya dikirimin foto. Bah, bosen foto-fotoan mulu.

Oiya, saya nanya gimana caranya ngelaguin Al Quran. Katanya selain lewat MTQ, kita harus sering tilawah. Yah, ketahuan kalo saya jarang tilawah. Dulu saya tiap habis subuh pasti baca Al Quran, sekarang malah bolong-bolong :( Mas Basrah bilang perasaan males yang dateng itu emang wajar kok. Tinggal gimana caranya kita ngatasin malesnya aja. Makanya dibiasain, sehari 1-2 ayat gapapa. Dikit-dikit yang penting istiqomahnya.

Dulu saya terbiasa liat pemandangan eyang lagi ngaji di ruang tamu, sekitar jam 9 setelah shalat dzuha. Saking terbiasanya, saya menganggap itu hal yang biasa, nothing special. Sekarang saya tau, itu yang namanya istiqomah.
-----

Ah, jadi kangen eyang...

No comments:

Post a Comment

< >