Pages

Search This Blog

Tuesday, September 9, 2014

Beda It is, It's, dan Its

Pengen share sesuatu yang kadang bikin gemes nih, karena sering liat orang salah dalam penggunaannya. Yaitu beda antara It is, It's, dan Its.

Sebelumnya saya mau jelasin dulu apa itu "It" hehehe. It (Ini) adalah kata ganti ketiga tunggal dalam bahasa inggris yang merujuk pada benda-benda, binatang, atau bisa juga sikon. To be untuk It adalah Is, sama kayak She dan He.

1. It Is
It is memiliki pola Subjek + to be. Seperti yang saya jelasin di atas, to be untuk it adalah is. Maka sesuai pola Subjek + to be, jadinya It is. Kapan It is dipake?
  • apabila diikuti oleh kata sifat, contoh : It is great (Ini hebat), It is blue (Ini biru)
  • menunjuk objek tertentu, contoh : It is my book (Ini buku saya)
  • present continuous tense, yaitu kegiatan yang sedang berlangsung (kapan2 bakal posting lagi tentang tenses), contoh : It is running (Dia sedang berlari)
  • sesuatu yang akan terjadi/ yang direncanakan, contoh : It is leaving tomorrow (Ini berangkat besok)
  • kalimat pasif dengan pola Subjek + to be + V3, contoh : It is done (Sudah selesai), It is written by me (Ini ditulis olehku)
2. It's
Ga ada bedanya sama It is. It's adalah kependekan dari It is. Bedanya cuma, yang satu disingkat, yang satunya ga. Fungsinya cuma biar lebih cepet aja ditulis dan diucapin. Contoh : It's great, It's done, It's OK.
 Tapi bukan berarti tiap ada akhiran 's pasti kependekan dari is. Ga juga. Misalnya Nana's father, yang artinya ayahnya Nana. Akhiran 's ini merujuk pada kepemilikan, bukan merupakan to be. Atau kalimat "Let's go!" yang merupakan kependekan dari "Let us go".
Saya sering liat orang pake akhiran 's tanpa maksud yang jelas. Misalnya dulu waktu lagi ngehits lagunya Bondan Prakoso, berjudul Ya Sudahlah. Disitu ada lirik, "Everything's gonna be OK." Jelas, itu kependekan dari "Everything is gonna be OK." Lalu saya sempet baca status facebook salah satu temen, "Everything gonna be OK's." Lah? Kok 's nya malah di belakang OK. Maksudnya apa coba? Hahaha.

3. Its
Nah ini nih. Mungkin malah banyak yang ga tau. Its (tanpa tanda petik) itu beda sama It's. Kadang saya liat orang demen nulis "Its OK". Padahal Its sama It's beda loh. Hayoo..
Its adalah kata ganti kepemilikan dari It. Sama halnya Her adalah kata ganti kepemilikan dari She, Your dari You, My dari I, His dari He, dan Their dari They. Contoh : I really love my cat. Its eyes are blue. (Saya sangat menyayangi kucing saya. Matanya biru.)

Nah, begitulah kawans. Gimana? Masih bingung? Sisiran sono kalo bingung hehehe =)

5 comments:

  1. Ada juga Mbak yang tulis Don't jadi Dont, setahu saya tanda " ' " digunakan untuk menyingkat kata to be atau untuk menyingkat kata seperti not, shall dan will.

    ReplyDelete

< >