Pages

Search This Blog

Saturday, February 21, 2015

Nikmatnya Menolong Orang

SALAM ‘ALAIKUM !

Membaca judul di atas, mungkin kamu pikir, saya sedang riya’. Nolong orang kok diposting? Nggak bermaksud riya’ sih. Saya cuma pengen ngeshare tentang apa yang saya rasain setelah meluangkan sedikit waktu untuk ikut merasakan kesulitan orang. Terkadang saat kita berhasil masuk ke dunia orang, bisa ngerasain, lalu tergerak untuk ngelakuin sesuatu yang lebih dari sekedar mengasihani.

Menolong orang, nggak semata-mata melakukannya untuk orang tersebut sebenernya. Ada semacam perasaan puas, lega kalau bisa meringankan beban orang. Ada semacam perasaan, “aku pengen jadi orang yang berguna buat orang lain.” Dan ada semacam perasaan bersyukur bahwa kita nggak diberi kesulitan yang serupa orang tersebut. Atau pernah diberi kesulitan yang sama tapi sudah terlewati? Dan cara bersyukur yang paling nyata adalah menolong orang yang sedang mengalami kesulitan itu.

Papa pernah bilang, segala sesuatu kalo bisa dikerjain sendiri harus dikerjain sendiri. Kalo udah kepepet ga bisa, baru minta tolong orang. Itulah kenapa saat saya udah angkat tangan lalu minta tolong, biasanya saya udah mentok. Dan saat saya udah minta tolong satu kali, biasanya emang saya butuh banget. Beberapa kali pernah saya mengalami hal-hal yang kurang mengenakkan. Yaitu waktu saya sendirian, kesusahan, sudah coba usaha A-Z nggak berhasil, akhirnya minta tolong. Ditolong? Nggak. Akhirnya saya sadar, manusia bukan Maha Penolong. Hanya Dia yang Maha Penolong.

Saya sering mengumpat dalam hati tentang perilaku orang yang nggak peduli, masa bodoh, nggak mau nolong, dll. Itulah yang terkadang membuat saya seakan nggak sudi jadi orang kayak mereka. Saya nggak sudi jadi orang yang pelit dimintain tolong. Saya pernah ngerasain sulitnya jatuh bangun sendirian, nggak ada uluran tangan yang membantu saya bangun. Pun saya pernah minta tolong tapi dicuekin. Dan sekarang saya cuma minta sama Tuhan mudah-mudahan diberi kekuatan buat meringankan beban orang selagi saya bisa. Itu cara saya bersyukur bisa melewati segalanya sendirian.

Ya, menolong itu nggak semata-mata untuk orang lain kok. Tapi untuk diri kita sendiri. Kenapa harus males nolongin orang lain? Padahal menolong sesamanya itu nikmat sekali.

2 comments:

  1. Ydh klo gtu tolong saya dong pinjamin dana buat usaha.. hho

    ReplyDelete
  2. Ydh klo gtu tolong saya dong pinjamin dana buat usaha.. hho

    ReplyDelete

< >