Pages

Search This Blog

Monday, August 25, 2014

Menulis Itu Susah!

Menulis itu susah. Boong kalo ada yang bilang mudah. Iya mudah bagi mereka yang pintar nulis hehe. Nah buat saya yang nubitol ini, ngehasilin tulisan yang WOW itu masih syuyahh bro!

Kalo menulis itu mudah, pasti semua bisa dong. Kalo semua bisa nulis, buku-buku dan novel-novel best seller itu bukan sesuatu yang istimewa dong? Ah, buat saya menulis itu susah. Makanya itu perlu dipelajari dan banyak membaca. Makanya itu ada karya-karya spektakuler yang belum tentu semua orang bisa bikin. Daya imajinasi tiap orang itu kan beda-beda, pengetahuan kosakata tiap orang juga beda-beda, apalagi kemampuan buat memilih diksi yang tepat biar pembaca lebih errrgh. Kalo udah gitu, ga cukup buat belajar teknik menulis doang, pengetahuan juga penting banget, apalagi membiasakan diri menulis.

Dulu waktu SMP saya seneng banget baca novel terjemahan. Trus saya ikut-ikutan mau bikin novel juga. Setting yang saya pake di luar negeri hahaha. Gaya bahasa juga semi baku ala terjemahan gitu. Temen saya yang hobi nulis pun ikut-ikutan nulis pake gaya bahasa ala-ala terjemahan dan setting luar negeri juga. Bedanya, dia lebih jago nulis daripada saya yang kebiasaan mandek di tengah jalan. Novel dia selesai duluan dan dibaca temen-temen sekelas. Saya pun ikutan baca dan emang tulisan dia bagusss banget. Akhirnya novel dia sampai ke tangan Guru Bahasa Indonesia setelah direkomendasiin salah seorang temen. Bapak Guru ga berkomentar banyak. Beliau cuma membolak-balik tanpa membacanya full, "Ini ceritanya di California? Udah pernah kesana memang? Kalo belum coba lokasinya di sekitaran sini dulu aja." Deg! Tulisan dia yang dikritik, saya yang kesindir.

Itu salah satu yang saya maksud. Pengetahuan. Dulu saya seneng nulis cerpen yang jarang atau ga pernah sama sekali nyantumin dimana dan kapan kejadiannya. Yah kan cuma cerpen anak sekolahan gitu loh hihi. Sekarang saya udah sadar pentingnya itu. Karena entah kenapa tiap saya ngetik selalu ada dorongan buat mendeskripsikan suasana secara jujur apa adanya dan detail, yang bisa dirasakan lebih dari dua indera. Percaya atau ga, waktu semangat-semangatnya nulis buat ikutan lomba cerpen, saya sampai dateng ke suatu tempat buat sekedar mengamati sekitar. Nah itu bakal jadi bahan buat ngedeskripsiin settingnya. Haha apa cuma saya yang sepertinya 'ga waras' gini?

Tapi ga perlu segitunya juga sih kalo ga mau capek-capek. Seandainya punya referensi yang lengkap juga boleh dipake. Misal tentang suatu lokasi dan detail-detail tempatnya ada di internet atau buku, boleh dipake. Tapi buat saya sih lebih enak referensi itu dari pengalaman pribadi. Setting yang dipake dari lokasi yang emang pernah dilihat dan dirasain secara langsung. Bukan dari tulisan atau sekedar gambar. Karena buat saya kamera terbaik itu mata kita. Itu lah kenapa terkadang sinar bulan lebih indah bila dilihat dengan mata telanjang, bukan setelah kamu jepret (emaap OOT hihi )

FYI, setting itu ga mulu-mulu soal lokasi dan waktu. Kalo kamu pernah mengidentifikasi karakteristik suatu kawasan, ada yang namanya faktor fisik dan faktor non fisik. Nah faktor non fisik itu lah yang saya maksud hehe. Semacem kultur, kebiasaan, karakter orang-orang di suatu tempat. Misal kita ambil lokasi di luar negeri dengan karakter masyarakatnya yang (mungkin) cuek dan ga suka ngurusin orang lain. Kalo kaya gitu kan ga mungkin bikin adegan ibu-ibu lagi ngrumpi di teras. Ya gak? Itulah kenapa guru SMP saya waktu itu nganjurin pilih lokasi yang deket aja. Karena di cerita temen saya itu cuma dijelaskan di awal kalo si pelaku tinggal di California, tanpa ada deskripsi California itu seperti apa. Ga ada adegan yang membuat kita berfantasi seolah juga berada di TKP. Apa nama jalannya, kondisi jalannya, di pertigaan ada apa aja, bentuk bangunannya kaya gimana, penjelasan ruangan dalam rumah waktu beraktivitas, dll. Padahal deskripsi yang detail itu membuat cerita lebih hidup. Apalagi kalo apa adanya sesuai dengan kondisi real, bakal lebih natural, ga dibuat-buat, dan pastinya ga berlebihan.

Ahhh kalo udah begini, masa iya sih masih bilang menulis itu mudah? Saya kasihan sama penulis-penulis terkenal yang bukunya nampang di tumpukan paling depan toko buku. Tegakah kalian bilang bikin tulisan kaya gitu itu mudah?

---

Btw, yang saya tulis di atas khusus buat story aja. Lainnya saya kurang paham, apalagi masalah puisi. Saya masih kebingungan baca tulisan orang galau yang demen manggil-manggil burung, langit, bintang, bulan, senja, laut, dan kawan-kawannya. Ga paham saya hahaha.

---

Bonus quote :
"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah." (Pramoedya Ananta Toer)

No comments:

Post a Comment

< >