Pages

Search This Blog

Tuesday, August 26, 2014

I D I O C R A C Y

Berawal dari postingan si Syakur di facebook (baca : pacebo'ok) yang ngeshare link ini http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/531729-bayar-us-200-ribu--mereka-percaya-bisa-hidup-lagi.

Kalo males ngeklik, singkatnya itu tentang orang yang dibekukan alias diawetkan lalu dihidupkan kembali 50 tahun kemudian. Sebenernya kurang jelas sih apa yang dibekukan itu jenazah, atau orang hidup yang hanya 'ditidurkan' lalu dibangunkan 50 tahun kemudian. Tapi banyak komentar negatif yang agak-agak emosional gitu deh. Begitulah orang Indonesia, suka reaktif. Kalo mati trus dihidupkan lagi ya saya setuju sama yang ngamuk-ngamuk itu. Orang mati mana bisa hidup lagi, ruhnya udah dicabut. Ya bisa hidup lagi ntar di Padang Mahsyar haha. Tapi kalo ditidurkan doang, bukan mati? Wallahu a'lam. Jadi inget kisah Ashabul Kahfi. Kalo dengan teknologi jaman sekarang bisa bikin yang kaya gitu ya hebat. Asal ga keblinger aja sama teknologi kalian itu.

Sebenernya saya cuma keingetan sama salah satu film lama gara-gara berita itu. Judulnya IDIOCRACY. Ini film underrated dan mungkin ga terkenal, padahal ide ceritanya bagus dan sarat pesan moral. Genrenya commedy science fiction. Banyak adegan yang konyol dan ga masuk akal sih. Tapi lupakan. It's just a 'popcorn movie', ga usah terlalu serius nontonnya.

 
Film ini bercerita tentang kebodohan di masa depan. Ya, kita terlalu banyak disuguhi film-film yang memberikan bayangan masa depan dengan teknologi super canggih. Tapi film ini beda. Idiocracy menceritakan masa depan dengan gambaran yang suram. Manusia-manusia yang bodoh, kerusakan lingkungan seperti polusi, gundukan sampah dimana-mana, jalanan yang rusak, kemarau panjang, kekeringan, juga kriminalitas dan seks bebas, dll. Jadi jangan harap ada pesawat dronik UAV atau robot tank ala Terminator di film ini haha.

Adalah Joe, seorang pustakawan tentara Amerika yang IQ nya agak nganu hehe. Pada saat itu militer Amerika sedang melakukan eksperimen menidurkan orang dalam waktu yang sangat lama. Hal itu dimaksudkan untuk menyimpan tentara dan pilot terbaik di masa damai dan dibangunkan lagi saat perang tiba. Dan Joe dipakai sebagai kelinci percobaan, ditemani seorang lainnya yaitu cewek pelacur jalanan. Tak disangka, perusahaan yang menangani eksperimen itu terlibat skandal, lalu bubar dan bangunannya dihancurkan. Mereka juga melupakan orang yang tertidur dalam peti itu, yang akhirnya malah membuatnya terlambat bangun hingga 500 tahun.

Ini film lucu, konyol, kocak abis, sukses bikin saya ngakak-ngakak sendiri di depan tv. Kalo perlu kalian pemanasan perut dulu lah biar ga kram gara-gara kebanyakan ketawa. Konyol banget liat manusia-manusia tolol di masa depan yang bahkan kesulitan menjawab soal 1+1, yang ga tau kalo tanaman bisa tumbuh subur dengan hanya disiram aer, dll. Apalagi presiden Amerika berkulit hitam yang punya prestasi juara dunia gulat bebas sekaligus bintang bokep yang sukses wakakakaka bangkeeee. Maka ga heran Joe yang di masa lalunya tergolong rata-rata, di masa depan bisa jadi orang paling cerdas sedunia. Saking cerdasnya dia diangkat menjadi presiden Amerika menggantikan si raja bokep hihi. Sedangkan cewe pelacur yang bersamanya sejak jadi kelinci percobaan, diangkat sebagai ibu negara. Anak-anak mereka pun tumbuh menjadi anak paling cerdas sedunia. Kocak sumpah ceritanya.

Sekonyol apapun Idiocracy, sebanyak apapun unsur XXX di dalamnya, sebenernya ada pesan moral yang terang benderang. Bahwa orang-orang masa sekarang harusnya memanfaatkan SDA dengan bijak supaya anak cucu kita kelak lebih terjamin masa depannya. Jangan sampai mereka ngerasain persoalan yang kompleks seperti di film Idiocracy ya..amit-amit *ketok meja 3 kali*

No comments:

Post a Comment

< >