Pages

Search This Blog

Friday, November 29, 2013

serba-serbi online shop

Customer : Sist punya rok smoke yang dusty pink ga?
Saya : Sold sist
C : Ada lagi kapan?
S : Insya Allah Rabu restock lagi
C : Nanti kabarin ya sist kalo udah ada roknya
S : Okey

*Rabu*
S : Rok smoke dusty pink udah ada sist
C : Udah ga pengen sist
S : Okey

tetep sok cool walo dongkol hehe..

Yah, begitulah kelakuan customer. Sebenernya saya bukan dongkol karena ybs ga jadi beli. Tapi lebih karena kata-katanya yang seenaknya "udah ga pengen". Ga sopan banget asli haha. "Maaf sist aku ga jadi, soalnya bla bla bla.." gitu kan lebih enak. Padahal kan dia sendiri yang minta dikabarin. Ga ada maaf-maafnya sama sekali. Kalo orang punya attitude pasti tau cara bicara yang bener ke orang lain sekalipun cuma lewat tulisan. Tapi ya, yang namanya pembeli emang raja. Kayanya ga berkelas banget kalo saya marah cuma karena gitu doang. Iyain aja. Tunjukin kalo customer ga dia doang. Dia cancel, okein aja.

Saya sering baca pm temen sesama olshop yang marah-marah tentang kelakuan customer. Aneh ya, bukannya kalo gitu malah ngejatohin image olshopnya sendiri. Saya sendiri suka ilfil kalo mau belanja online tp pemilik olshopnya galak. Keluhan tentang customer, kalo menurut saya ga perlu dikabarkan ke seluruh penjuru dunia kali ya. Apalagi dipasang di pm BBM yang artinya semua customernya pasti baca. Ngebaca seller marah-marah itu asli ga nyaman banget. Bikin image jelek. Bikin customer takut-takut juga. Kecuali ada forum khusus sharing sesama pelaku olshop. Nah, disitu boleh keluarin unek-unek semua sepuasnya deh. Ga perlu jelek-jelekin customer di depan customer-customer yang lain. Childish banget.

Ada lagi nih model-model broadcast yang ngeblacklist salah seorang customernya karena hit and run. Pesen, totalan, habis itu ga transfer. Katanya udah ditagih-tagih tapi tetep ga mau bayar. Helooo..butuh duit ya sampe nagih-nagih customer? Ya jelas tambah kabur lah kalo ditagih-tagih gitu kaya punya utang aja. Ga akan ada customer yang nyaman diperlakukan kaya gitu. Padahal barang dikirim juga belum. Masalahnya cuma karena customer ga jadi beli. Suka aneh sama seller yang terlalu mempermasalahkan hal kaya gini. Kita kan ga bisa ngarep kalo semua customer itu baik dan nepatin janji. Bakal selalu ada customer dengan kelakuan ajaibnya. Jadi beli atau ga itu hak customer sih kalo menurut saya. Customer ga jadi beli, berarti belum rejeki. Itu aja sih. Bayangin kalo kita masuk indomaret. Keluar ga beli apa-apa, apa iya kita dimarahin kasir? Konyol kan. "Ya tapi kan dia udah ngekeep barang lama banget. Harusnya itu barang bisa laku buat yang lain." Nah, kenapa ga dikasi ke yang emang udah pasti beli. Salah sendiri kan barang dikeep lama buat orang yang ga pasti cuma karena alasan ga enak udah dipesen. Sejak buaaanyak keluhan serupa di broadcast, saya udah ga pernah ada sistem keep. Mau beli ya transfer. Ga transfer, barang dikasi ke yang transfer duluan. Simple as that. Ngapain ga enak segala, ga kenal ini hehe.

Saya juga paling ga suka nagih-nagih customer. Apalagi dengan alasan kaya di atas. Saya ngejaga image olshop saya lah hahaha *gaya*. Olshop nagih-nagih itu kaya butuh duit banget. Kaya ga laku aja. Kalo satu customer ga jadi beli, ya udah ga usah dipaksa-paksa suruh transfer cuma karena ybs udah pesen doang. Biarpun satu customer ga jadi beli, dan belum tentu next ada yang beli itu barang juga, yang penting ga usah keliatan banget lah kalo buru-buru pengen kejual barangnya. Rugi juga ga kan sebenernya. Masalahnya cuma pada kesel diPHP aja kan. Customer juga ilfil kali ngeliat seller garang nagih duit. Etapi saya pernah sih nagih sekali. Kalo itu beda kasus ya. Barangnya emang udah di dia dan emang duitnya harus diminta. Nah ini begonya saya, buat pelajaran aja sih. Waktu itu H-7 lebaran saatnya buat closed, udah ga terima orderan masuk lagi. Ada satu reseller saya pesen empat baju tapi customernya dia belum transfer, mepet banget pas saya mau closed. Saya sebenernya udah bilang ga boleh kalo barang dikirim duluan sebelum transfer. Dia bilang, customernya mau transfer besok. Saya yang terlalu ngegampangin, akhirnya saya okein karena dia udah lama jadi reseller saya dan emang udah sering order. Ditambah emang ngepas hari terakhir ngirim barang. Dan setelah dikirim, duitnya ga ditransfer-transfer haduh mamaaaah. 520.000 itu buat saya banyak. Saya diemin, ga dibayar-bayar. Ditagih pertama, bilang nunggu barangnya nyampe. Udah nyampe bilang senin. Senin ditagih bilang kamis. Cape nagih, kamis didiemin, eh ga ngasi kabar. Mana BBM silang semua. Mana alesan BBnya ngehang terus. Mana alesan kartu ATMnya patah dimaenin keponakan. Mana alesan saldonya ga cukup. Akhirnya lunas sih setelah sebulan lebih, walopun bayarnya nyicil. Muehehe.

Saya juga sebenernya bingung kenapa lama-lama banyak olshop di kontak BBM saya. Kalo boleh saya nebak, mereka itu dulu customer saya. Seperti kebanyakan orang, hobi belanja online biasanya lama-lama punya olshop juga. Tapi ya saya senengnya, beberapa customer akhirnya jadi reseller saya. Lumayan lah, buat bantu ngelarisin lapak juga. Tapi ada juga sih yang dari awal emang olshop, trus invite saya, minta masukin grup. Udah di grup, curi-curi customer. Ini nih yang kulang adal. Gara-gara kejadian itu akhirnya saya nerapin aturan, yang boleh masuk grup cuma yang udah pernah order aja.

Saya udah mulai jualan lagi beberapa hari ini. Alhamdulillah udah laku berkat reseller baru yang dulunya cuma buyer biasa. Ga sebanyak sebelum saya vakum sih, tapi lumayan lah disyukuri aja. Pelan-pelan. Sambil upgrade customer lagi. Emang sih ya customer itu harus diupgrade berkala. Wismilak aja deh ya. Yang kemarin-kemarin buat pelajaran aja. :-)

No comments:

Post a Comment

< >