Pages

Search This Blog

Friday, November 29, 2013

Sleep Paralysis

Sleep paralysis adalah istilah keren dari tindihan, atau orang Sunda suka bilang ereup-ereup (bener ga?). Berawal dari gangguan tidur yang hampir setiap hari saya alamin. Lalu coba nanya-nanya paman gugel, ketemu lah sama istilah ini. Apa itu sleep paralysis plus penyebab-penyebabnya, khatam saya baca. Dan akhirnya saya tau kalo sleep paralysis adalah awal dari lucid dream, jikalau ga dilawan. Apa itu lucid dream? Coba tanya paman gugel.

Sleep paralysis. Pertama kali denger istilah ini, yang ada di benak saya, nama sebuah band aliran post hardcore. Konyol ya hahaha. Keren sebenernya buat nama band, asal orang ga tau aja kalo artinya tindihan hehe. Tau sendiri band indie indonesia suka pake nama-nama yang aneh, atau yang berbahasa inggris, liriknya juga bahasa inggris. Gatau kenapa.

Jadi menurut artikel yang saya baca, sleep paralysis itu adalah sebuah fase tidur dimana fase I langsung lompat ke fase IV. Yap, tiap kita tidur, kita mengalami 4 fase. Fase I, fase II, fase III, dan fase IV. Di fase IV inilah terjadinya mimpi. Orang yang baru saja mengalami fase I lalu lompat ke fase IV biasanya karena kecapekan. Badan tertidur, tapi otak masih terbangun, jadinya sleep paralysis a.k.a ereup-ereup itu tadi. Mungkin masih ada penyebab lain soalnya saya sebenernya ga capek-capek banget, tapi hampir tiap hari kena. Tau deh kalo capek lari-lari di pikiran kamu, termasuk ga? (eaaaa). Kalo orang Jawa bilang, tindihan itu karena diganggu setan. Emang sih kamar saya secara tampilan aja udah serem. Kan masih setengah mateng alias belom jadi. Temen yang saya ajak ke kamar juga responnya sama semua, “Tidur sendirian disini? Wahhh..” Sebenernya takut sih haha. Tapi belakangan saya udah mulai tidur sendirian lagi. Beraniin. Saya ga terlalu percaya sama yang begituan. Adanya setan sih percaya, tapi kalo sleep paralysis karena gangguan setan kayanya mengada-ada.

Sejak tau itu awal dari lucid dream, yang artinya lucid dreamers justru mempelajari gimana caranya biar ngalamin sleep paralysis, saya malah kesulitan biar dapet sleep paralysis lagi. Yang tadinya sering, pas mau sengaja malah ga dapet-dapet. Sial. Tapi sekalinya kena, bisa lebih dari tiga kali dalam semalem aja, dan itu berturut-turut. Kebayang ga. Tidur, bangun gara-gara tindihan, tidur lagi, tindihan lagi, tidur lagi, tindihan lagi, tidur lagi, tindihan lagi, endingnya ga berani tidur lagi karena takut. Tau sendiri kalo sleep paralysis itu sering disertai mimpi-mimpi yang aneh bin serem. Liat penampakan mata melotot lah, pocong lah, kaki lah, dicekik lah. Dan setiap dapet kesempatan sleep paralysis saya seringkali ngelawan mulu saking takutnya.

Ga ada salahnya dicoba buat sekedar have fun. Singkatnya, lucid dream itu mimpi sadar. Dimana kita bermimpi tapi kita tau kalo kita sedang bermimpi. Kita bisa berpetualang di alam mimpi, juga bisa mengendalikan mimpi kita. Ada banyak teknik buat menuju lucid dream. Salah satunya dengan cara musti dapet sleep paralysis terlebih dahulu. Tapi ada juga kok yang ga perlu sleep paralysis. Lengkapnya, silakan gugling ya.

Selamat mencoba. Selamat tidur. Selamat bermimpi! ;p

No comments:

Post a Comment

< >