Pages

Search This Blog

Tuesday, December 3, 2013

Makan “Gak Habis” atau “Gak Dihabisin” ?

Entah kenapa dari minggu kemaren saya dihujani tiga undangan pernikahan sekaligus. Dan dua hari lalu saya sempatkan datang ke salah satu dari tiga undangan itu. Dia kawan lama saya. Bayangin aja, dari nganter undangan saya udah diancem kalo sampe ga dateng, awasss katanya. Gatau juga sih mau diapain hehe. Sebenernya saya agak males dateng ke acara pernikahan begini, yahh soalnya bikin mupeng. Nanti juga ditanya-tanya kapan nyusul blah blah blaah. Okeh, bukan soal pernikahan yang mau saya bahas. Tapi seperti kebanyakan resepsi yang pake konsep prasmanan, pun demikian resepsi pernikahan kawan saya. Seperti yang sudah-sudah, saya selalu ga nyaman dengan prasmanan. Entah kenapa menurut saya prasmanan itu berasa sumpek dan ga rapi, sorry to say L. Belum lagi liat orang-orang makan sambil berdiri. Emang enak makan posisi gitu? Agama juga ngajarin makan itu duduk loh. Ah, mungkin menurut kamu saya itu kolot. Tapi saya lebih suka duduk manis, lalu makanan diantar hihi (manja mode on). Ga perlu jalan kesana kemari bergerilya makanan.

Sebenernya ada satu lagi yang paling bikin ga nyaman, liat tumpukan-tumpukan piring dengan banyak sisa makanan di atasnya. Nasi yang cuma dimakan separo. Sayur mayur berceceran. Bahkan ayam goreng yang masih utuh juga tergeletak di bawah sana. Kalo ga niat dimakan, kenapa diambil? Kalo emang ga habis, kenapa ambil nasi sebanyak itu? Ambil nasi sendiri, lalu ga dihabisin. Harusnya tau porsi sendiri seberapa jadi ga buang-buang makanan akhirnya. Di bawah jembatan sana, banyak yang pengen makan makanan kaya gitu. Yang disini eh cuman dibuang-buang. Manusia..

Kalo ada yang tau acara kuliner di tv dengan slogannya “Mak Nyusss”, coba perhatiin setelah selesai makan. Si bapak berlalu dari meja dengan banyak sisa makanan di piringnya. Bener-bener diliatin waktu si bapak ninggalin makanan-makanan itu. Seolah sengaja dishoot agar terkesan, “Hey kami cuma icip-icip. Duit kami kan banyak. Jadi ga masalah.” Walopun mungkin sebenernya nanti dibungkus, who knows haha. Saya juga sering makan bareng seseorang yang tiap makan pasti disisain. Bukan karena ga habis, tapi sengaja ga dihabisin. Sepertinya emang malu-malu mau ngabisin makanan. Hmm. Entah apa yang ngebuat orang berpikir, makan disisain itu elegan. Makan disisain itu pertanda orang yang ga rakus. “Biarin aja, toh dia jual saya beli. Ga rugi juga dia,” kata seorang kawan. Iya sih. Tapi nyawa seekor ayam melayang disembelih brohhh! *mata berlinang*. Dan si almarhum ayam itu kalo bisa ngomong, saya yakin dia lebih suka dagingnya dimakan, bermanfaat buat manusia, bukan cuma dibuang endingnya. Argh, si ayam mati sia-sia kan jadinya.
Dulu waktu SD, setiap pagi, sambil pake sepatu saya disuapin eyang pake tangan. Iya lah pake tangan, masa pake idung. I mean, no sendok. Dengan menu yang sama setiap hari, telor ceplok setengah mateng kesukaan saya. Dan selalu habis. Sambil memasukkan suapan terakhir ke mulut, eyang pasti bilang, “Alhamdulillah.” Kebiasaan setiap hari yang bertahun-tahun itu rupanya terbawa sampe sekarang. Setiap makan, risih sendiri kalo nyisa. Dan setiap liat orang makan disisain, bawaannya gemes haha. Jadi kawan saya sering geleng-geleng kalo liat saya makan habis. Entah yang ada di kepala mereka, saya rakus atau apa. Kecuali kalo ada timun pasti saya kasi ke orang, kalo ga ada yang mau ya ga saya makan. Saya ga doyan timun sodara-sodara. Apalagi kalo dibikin acar, rasa kecutnya bikin pipi gemeteran. Brrr ga enaaaak.

So, gimana dengan kamu? Seberapa banyak yang tersisa tiap kamu makan? Seberapa bersyukur kamu atas rezeki yang kamu dapat, yang juga didamba orang-orang yang ga seberuntung kamu.

2 comments:

  1. Yeaaay bentar lagi ulangtahun kak..
    makan-makan ya #eh :D
    btw, salam kenal ya kak,semangat ngikutin tantangan nya ^^

    ReplyDelete
  2. ini cica-cica di dinding salah tempat kayanya haha..salam kenal juga yaa :)

    ReplyDelete

< >